Kamis, 17 April 2014

TAK ADA KATA YANG TEPAT.....HANYA.....PERMOHONAN.................................

PENDIDIKAN ADALAH TANGGUNG JAWAB BERSAMA.............PEMERINTAH......SEKOLAH.....ORANG TUA DAN MASYARAKAT.....

DENGAN SERIUSNYA....MEREKA MELAKUKAN SENAM PAGI......SETIAP HARI SELASA SAMPAI KAMIS.....

NAK......CUCI TANGAN DULU PAKAI SABUN...SEBELUM DAN SESUDAH AKTIFITAS...........................DISINI..... YA...!

DENGAN GEMBIRANYA......MELAKSANAKAN KEGIATAN JEDA SAMA ANAK-ANAK.....

COBA CERITAKAN KEMBALI NAK......IBU INGIN MENDENGARNYA..

BEKERJA YANG BENAR NAK..........................

COBA BACA.......NAK......IBU INGIN MENDANGARNYA.....

DILARANG MEROKOK DILIGKUNGAN SEKOLAH........DONG..HE..HE

Sabtu, 12 April 2014

KEGIATAN TRY OUT KELAS VI TAHUN 2014

Program Sekolah Unggulan Non Akademik "WIYATA MANDALA"

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Penjaminan mutu merupakan kata kunci yang menjadi fenomena dalam Dunia Pendidikan, hal ini terjadi seiring dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional serta Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.dan juga telah terwujudnya Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Implementasi dari ketiga payung hukum tersebut di lakukan oleh pemerintah, antara lain dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah. Salah satu isi dari PerMendiknas tersebut adalah kompotensi manajerial, kepemimipinan merupakan standar kompetensi yang harus dimiliki dan diimplementasikan oleh kepala sekolah. Disamping itu pelaksanaan Otonomi Daerah mengharuskan kepala sekolah untuk mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi peraturan yang berlaku di daerah masing masing. Pada saat ini khusunya Pemerintah Kota Banjar yang sedang pesat-pesatnya melaksanaan pembangunan untuk menuju Banjar Good Governaet,langkah utama yang paling perioritas adalah pembangunan dibidang pendidikan agar terwujud sumber daya manusia yang berkualitas dan bermutu.bahkan dengan kebijakan dan harapan terwujudnya sekolah unggulan, khusus SD Negeri 2 Raharja yang akan diarahkan menjadi Sekolah Unggulan Wiyata Mandala. Atas dasar latar belakang dan pokok pikiran tersebut maka berharap rancangan Sekolah Dasar Negeri 2 Raharja menjadi Sekolah Unggulan Wiyata Mandala bisa terwujud,bahkan lebih jauhnya dengan Wawasan Wiyata Mandala SD Negeri 2 Raharja mampu menciptakan sekolah” ASTANA” (Asri, Sejuk, Tertib, Aman, Necis dan Alami).bukan hanya sebatas julukan namun diharapkan memberikan Kontribusi untuk peningkatan Kompetensi pendidik dan meningkatnya kualitas pembelajaran dan pada akhirnya dapat meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Negeri 2 Raharja. Secara kebetulan letak SD Negeri 2 Raharja berdapingan dengan Pemakaman /TPU Desa Raharja yang keadaannya hening dan sepi, hal tersebut merupakan tantangan dan kelemahan, namun dengan hal tersebut kami jadikan inspirasi timbulnya harapan tumbuh julukan sekolah “ASTANA” Dengan harapan meningkatnya Nilai Kepercayaan masyarakat/ortu terhadap sekolah. Untuk mewujudkan program tersebut kami mencoba menyusun setrategi sebagai bahan acuan dan pedoman dalam pelaksanaan pengembangan Sekolah Unggulan Wiyata Mandala. B. Dasar Hukum 1. Undang Undang Reppublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. Undang Undang Reppublik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan 4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah 5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan 6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah 7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) 8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2009 Tentang Standar biaya operasi nonpersonalia C. Tujuan Program Kerja Sekolah ini disusun dengan tujuan : 1. Sebagai pedoman pelaksanaan pengembangan sekolah Unggulan Wiyata Mandala di SD Negeri 2 Raharja. 2. Sebagai alat kontrol terhadap pelaksanaan pengembangan sekolah Unggulan Wiyata Mandala di SD Negeri 2 Raharja. 3. Sebagai alat evaluasi terhadap pelaksanaan pengembangan sekolah Unggulan Wiyata Mandala di SD Negeri 2 Raharja. D. Hasil yang diharapkan Secara umum dengan adanya program ini diharapkan kegiatan pelaksanaan pengembangan sekolah Unggulan Wiyata Mandala di SD Negeri 2 Raharja,saling bersenergi satu sama lain. Senerginitas kegiatan pengembangan sekolah unggulan Wiyata Mandala di SD Negeri 2 Raharja anatara Pengawas, kepala sekolah, komite dan guru , yang bermuara pada aktivitas siswa sehingga memberikan hasil sebagai berikut : 1. Terwujudnya komitmen dan kerja sama yang didukung dengan adanya aktivitas Pengawas, kepala sekolah, komite dan guru yang bermuara pada aktivitas peserta didik dan warga sekolah. 2. Terjadinya budaya kerja dan peningkatan profesionalitas secara bersama antara guru dengan kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam upaya menjamin mutu pendidikan khususnya mewujudkan sekolah unggulan Wiyata Mandala di SD Negeri 2 Raharja. 3. Terwujudnya sejumlah peserta didik yang terampil berwawasan Wiyata Mandala dan siap melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. 4. Terciptanya lingkungan sekolah “ASTANA” (Asri, Sejuk, Tertib, Aman, Necis dan Alami) menuju sekolah sehat di SD Negeri 2 Raharja. E. Indikator Keberhasilan 1. Terwujudnya peningkatan mutu pelayanan pembelajaran yang mendidik,menyenangkan,dan bermakna bagi siswa. 2. Meningkatnya pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kinerja guru dengan ditunjukkan perubahan perilaku mengajar yang lebih baik di dalam maupun di luar kelas. 3. Meningkatnya nilai kepercayaan masyarakat kepada sekolah dengan adanya penambahan peserta didik baru. 4. Terwujudnya lingkungan sekolah “ASTANA” (Asri, Sejuk, Tertib, Aman, Necis dan Alami) menuju sekolah sehat di SD Negeri 2 Raharja. BAB II PROFIL SEKOLAH 1. Data Pokok Satuan Pendidikan : a. NPSN : 20225327 b. Nama Sekolah : SD NEGERI 2 RAHARJA c. Jenjang : SEKOLAH DASAR d. Status : NEGERI e. Alamat : a) Jalan : SILIWANGI KM.3,5 b) Desa/Kelurahan : RAHARJA c) Kecamatan : PURWAHARJA d) Kota : BANJAR e) Provinsi : JAWA BARAT f) Telepon.Fax : 0265.744596 g) Website/E-mail : sdn2raharja@yahoo co.id f. Status Akreditasi : B g. Tanggal Validasi Dokumen KTSP Terakhir : 16 JULI 2012 h. Nama Kepala Sekolah : ADE,S.Pd i. Nama Pengawas Sekolah : EMI SUPARTI,S.Pd 2. PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN A. GURU No Nama guru NUPTK Ijazah tertinggi Nama perguruan tinggi Jurusan/ Prodi Mata pelajaran yang diampu Bidang Sertifikasi Tahun Sertifikat No. Sertifikat Jabatan Status Kerja 1 ADE, S.Pd 9048741642200023 S,1 UPI Tasikmalaya PGSD Guru Kelas Porto Folio 2010 361002702247 Kepsek PNS 2 TATI ROHAYATI, S.Pd 4738737639300022 S,1 UGC PENJAS Guru Penjas Porto Folio 2010 361022003572 Guru PNS 3 CUCU HUSNIATI, S.Pd 7234738639300033 S,1 UT PGSD Guru Kelas PLPG 2011 1101102721894 Guru PNS 4 S.SUSILAWATI,S.Pd 9634738640300032 S,1 UT PGSD Guru Kelas Porto Folio 2008 100802710627 Guru PNS 5 N.E.KARTINI.S.PD.I 9948764666200032 S,1 STAIMA PAI Guru Agama Islam PLPG 2009 20912707680 Guru PNS 6 ELSY JULVITA,S.Pd 1038757660300013 D,2 Unsyiah PGSD Guru Kelas - - - Guru PNS 7 AHMAD FATONI,S.Pd 7857750652200032 S,1 UPI Bandung BAHASA Bahasa Indonesia PLPG 2011 1101102722128 Guru PNS 8 ELIN DARLIAH, S.Pd 3647744646300042 S,1 STKIP PKN Guru Kelas PLPG 2011 1101102722049 Guru PNS 9 ROSI KANIA DEWI, S.Pd 1943765666300052 S,1 UPI Tasikmalaya PGSD Guru Kelas - - - Guru NON PNS 10 JAJANG NURJAMAN,S.Pd 9948764666200032 D,2 UT PGSD Guru Kelas - - - Guru NON PNS 11 ASTRI SULASTRI, S.Pd - S,1 UPI Tasikmalaya PGSD Guru Kelas - - - Guru NON PNS SISWA & ROMBONGAN BELAJAR (ROMBEL) URAIAN KELAS TOTAL 1 2 3 4 5 6 ROMBEL 1 1 1 1 1 1 6 LAKI-LAKI 12 11 12 10 12 16 73 PEREMPUAN 15 16 10 12 9 10 72 TOTAL 27 27 22 22 21 26 145 SISWA/ROMBEL 27 27 22 22 21 26 24.16 KKM, HASIL UJIAN SEKOLAH, RAPOR SISWA, DAN HASIL UJIAN NASIONAL A. KKM, HASIL UJIAN SEKOLAH & RAPOR SISWA, MATA PELAJARAN KKM UJIAN SEKOLAH RAPOR SISWA KELAS VI KKM UJIAN SEKOLAH RAPOR SISWA KELAS VI Pendidikan Agama 70 81 81 1 2 2 PPKn 70 75 75 1 2 2 Bahasa Indonesia 70 78 78 1 2 2 Matematika 66 77 77 1 2 2 Ilmu Pengetahuan Alam 70 76 76 1 2 2 Ilmu Pengetahuan Sosial 70 74 74 1 1 1 Seni, Budaya dan Ketrampilan (SBK) 70 78 78 1 2 2 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 75 76 76 2 2 2 Muatan lokal 70 77 77 1 2 2 RATA-RATA 70.1 76.9 76.9 1 8 8 JUMLAH PESERTA 26 JUMLAH PESERTA LULUS 26 % LULUS 100% *nilai skala1-100 Jumlah Mapel= 9 NILAI MINIMAL DALAM SNP 75 B. UJIAN NASIONAL 1 TAHUN TERAKHIR UJIAN NASIONAL Bahasa Indonesia 8.02 Matematika 7.65 Ilmu Pengetahuan Alam 8.5 RATA-RATA 8.05 JUMLAH PESERTA 26 JUMLAH PESERTA LULUS 26 % LULUS 100% *nilai skala1-100 SARANA DAN PRASARANA A. PRASARANA No PRASARANA MINIMUM SEKOLAH Status 1 RUANG KELAS 46% 2 RUANG PERPUSTAKAAN 78% 3 LABORATORIUM IPA 31% 4 RUANG PIMPINAN 90% 5 RUANG GURU 53% 6 TEMPAT BERIBADAH 50% 7 RUANG UKS 42% 8 JAMBAN 80% 9 GUDANG 50% 10 RUANG SIRKULASI 0% 11 TEMPAT BERMAIN/BEROLAHRAGA 0% 12 LABORATORIUM KOMPUTER 18% 13 LABORATORIUM BAHASA 7% I RUANG KELAS FUNGSI: tempat kegiatan pembelajaran teori, praktik yang tidak memerlukan peralatan khusus, atau praktik dengan alat khusus yang mudah dihadirkan NO KRITERIA DATA SAT A JUMLAH RUANG KELAS 6 KELAS B KAPASITAS MAKSIMUM 40 ORANG C RASIO LUAS RUANG KELAS - M2 D LUAS RUANG KELAS 56 M2 E LEBAR RUANG KELAS 7 M   F SARANA 1 PERABOT a Kursi peserta didik 192 buah b Meja peserta didik 96 buah c Kursi guru 12 buah d Meja guru 12 buah e Lemari 10 buah f Rak hasil karya peserta didik buah g Papan pajang buah 2 PERALATAN PENDIDIKAN a Alat Peraga 10 buah 3 MEDIA PENDIDIKAN a Papan Tulis 13 buah 4 PERLENGKAPAN LAIN a Tempat sampah 21 buah b Tempat cuci tangan 4 buah c Jam Dinding 8 buah d Kotak Kontak buah II PERPUSTAKAAN FUNGSI: Ruang perpustakaan berfungsi sebagai tempat kegiatan peserta didik dan guru memperoleh informasi dari berbagai jenis bahan pustaka dengan membaca, mengamati, mendengar, dan sekaligus tempat petugas mengelola perpustakaan. NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 Luas Bangunan 76 M2 B BUKU 1 Buku teks pelajaran 288 eksemplar 2 Buku panduan pendidik 132 eksemplar 3 Buku pengayaan 500 jumlah judul judul 4 Buku referensi judul 5 Sumber belajar lain judul   C PERABOT 1 Rak Buku 4 set 2 Rak Majalah 2 buah 3 Rak Surat Kabar 2 buah 4 Meja baca 12 buah 5 Kursi baca 24 buah 6 Kursi kerja 1 buah 7 Meja kerja/sirkulasi 1 buah 8 Lemari katalog 0 buah 9 Lemari 2 buah 10 Papan pengumuman 0 buah 11 Meja multimedia 0 buah D MEDIA PEMBELAJARAN 1 Peralatan multimedia 6 buah E PERLENGKAPAN LAINNYA 1 Buku inventaris 1 buah 2 Tempat sampah 3 buah 3 Kotak kontak 0 buah 4 Jam dinding 1 buah III LABORATORIUM IPA FUNGSI: Alat bantu mendukung kegiatan dalam bentuk percobaan NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 Luas Bangunan m2 B PERABOT 1 Lemari buah C PERALATAN PENDIDIKAN 1 Model kerangka manusia buah 2 Model tubuh manusia 1 buah 3 Globe 6 buah 4 Model tata surya 1 buah 5 Kaca pembesar 6 buah 6 Cermin datar 6 buah 7 Cermin cekung 6 buah   8 Cermin cembung 6 buah 9 Lensa datar 6 buah 10 Lensa cekung 6 buah 11 Lensa cembung 6 buah 12 Magnet batang 6 buah 13 Poster IPA 6 buah IV RUANG PIMPINAN FUNGSI: Tempat melakukan kegiatan pengelolaan sekolah/madrasah, pertemuan dengan sejumlah kecil guru, orang tua murid, unsur komite sekolah/majelis madrasah, petugas dinas pendidikan atau tamu lainnya NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 Luas Bangunan 48 m2 2 Lebar minimum 6 m B PERABOT 1 Kursi pimpinan 1 buah 2 Meja pimpinan 1 buah 3 Kursi dan meja tamu 1 set 4 Lemari 2 buah 5 Papan statistik 1 buah C PERLENGKAPAN LAINNYA 1 Simbol kenegaraan 3 set 2 Tempat sampah 3 buah 3 Mesin ketik/komputer 2 set 4 Filing kabinet 0 buah 5 Brankas 0 buah 6 Jam dinding 1 buah 7 Telepon 1 buah V RUANG GURU FUNGSI: Tempat melakukan kegiatan pengelolaan sekolah/madrasah, pertemuan dengan sejumlah kecil guru, orang tua murid, unsur komite sekolah/majelis madrasah, petugas dinas pendidikan atau tamu lainnya NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 Rasio minimum 2,4 m2/pendidik 2 luas minimum 336 m2 B PERABOT 1 Kursi kerja 10 buah 2 Meja kerja 10 buah 3 Lemari 2 buah 4 Papan statistik 1 buah 5 Papan pengumuman 1 buah C PERLENGKAPAN LAINNYA 1 Tempat sampah 3 buah 2 Tempat cuci tangan 0 buah 3 Jam dinding 1 buah 4 Penandawaktu 0 buah 5 Telepon 1 buah VI TEMPAT BERIBADAH FUNGSI: tempat warga sekolah/madrasah melakukan ibadah yang diwajibkan oleh agama masing-masing pada waktu sekolah NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 luas minimum 18 m2 B PERABOT 1 Rak 0 buah C PERLENGKAPAN LAINNYA 1 Perlengkapan ibadah 3 2 Jam dinding 0 buah   VII RUANG UKS FUNGSI: tempat untuk penanganan dini peserta didik yang mengalami gangguan kesehatan di sekolah/madrasah. NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 luas 9 m2 B PERABOT 1 Tempat tidur 1 set 2 Lemari 1 buah 3 Meja 1 buah 4 Kursi 2 buah C PERLENGKAPAN LAINNYA 1 Buku catatan kesehatan peserta didik 4 buah 2 Peralatan P3K 2 set 3 Tandu 0 set 4 Selimut 0 buah 5 Tensimeter 2 buah 6 Termometer badan 2 buah 7 Timbangan badan 2 buah 8 Pengukur tinggi badan 2 buah 9 Tempat sampah 0 buah 10 Tempat cuci tangan 0 buah 11 Jam dinding 0 buah 12 Telepon 0 buah VIII JAMBAN FUNGSI: Tempat buang air besar atau kecil NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 Rasio jumlah laki2 thd jamban 48.7 siswa per jamban 2 Rasio jumlah perempuan thd jamban 48.0 siswa per jamban 3 Rasio jumlah guru thd jamban guru per jamban 4 jumlah jamban 3 jamban 5 luas 3 m2/jamban   B PERLENGKAPAN LAINNYA 1 Kloset jongkok 3 buah 2 Tempat air 3 buah 3 Gayung 3 buah 4 Gantungan pakaian 0 buah 5 Tempat sampah 0 buah IX GUDANG FUNGSI: tempat penyimpanan alat pembelajaran diluar kelas / tempat penyimpanan alat pembelajaran diluar kelas NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 luas 9 m2 B PERLENGKAPAN LAINNYA 1 Lemari 1 buah 2 Rak 1 buah X RUANG SIRKULASI FUNGSI: tempat penghubung antar ruang dalam bangunan sekolah/madrasah dan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan bermain dan interaksi sosial peserta didik di luar jam pelajaran, terutama pada saat hujan ketika tidak memungkinkan kegiatan-kegiatan tersebut berlangsung di halaman sekolah/madrasah. NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 1 luas m 2 lebar m 3 tinggi m XI Tempat Bermain/Berolahraga NO KRITERIA DATA SAT A LAHAN 1 Luas lahan 270 m2   VI LABORATORIUM KOMPUTER FUNGSI: tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran TIK secara praktik yang memerlukan peralatan khusus NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 Luas Bangunan 0 m2 2 Rasio minimum 2 m2/peserta didik 3 Lebar 0 m B PERABOT 1 Kursi peserta didik 0 buah 2 Kursi guru 0 buah 3 Meja peserta didik 0 buah 4 Meja guru 0 buah C PERALATAN PENDIDIKAN 1 Komputer peserta didik 0 buah 2 Komputer guru 2 buah 3 Printer 2 buah 4 Scanner 1 buah 5 Titik akses internet 1 buah 6 LAN 0 buah 7 Modul praktik 0 buah D MEDIA PENDIDIKAN 1 Papan tulis 0 buah E PERLNGKAPAN LAINNYA 1 Kotak kontak 0 buah 2 Tempat sampah 2 buah 3 Jam dinding 1 buah   VII LABORATORIUM BAHASA FUNGSI: tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran Bahasa secara praktik yang memerlukan peralatan khusus NO KRITERIA DATA SAT A BANGUNAN 1 Luas Bangunan 0 m2 2 Rasio minimum 2 m2/siswa 3 Lebar minimum 0 m2 B PERABOT 1 Kursi peserta didik 0 buah 2 Kursi guru 0 buah 3 Meja peserta didik 0 buah 4 Meja guru 0 buah C PERALATAN PENDIDIKAN 1 Perangkat multimedia 0 set D MEDIA PENDIDIKAN 1 Papan tulis 0 buah E PERLNGKAPAN LAINNYA 1 Kotak kontak 0 buah 2 Tempat sampah 0 buah 3 Jam dinding 0 buah B. LAHAN DAN BANGUNAN I LAHAN LUAS LAHAN 1500 m2 JUMLAH LANTAI BANGUNAN 700 TINGKAT JUMLAH ROMBEL 6 JUMLAH SISWA 145 ORANG RASIO LAHAN THD SISWA 10.34 STANDAR RASIO LAHAN THD SISWA 0   II BANGUNAN LUAS BANGUNAN 536.5 m2 JUMLAH LANTAI BANGUNAN 700 TINGKAT JUMLAH ROMBEL 6 JUMLAH SISWA 145 ORANG RASIO LAHAN THD SISWA 3.70 STANDAR RASIO LAHAN THD SISWA 0 PEMBIAYAAN A. BIAYA OPERASIONAL NO Jenis Pembiayaan Sumber Dana Jumlah Dana A.1 BIAYA PERSONIL - 1 Gaji dan tunjangan 2 Pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan 3 Honor/insentif 4 Lainnya, sebutkan! a b c A.2 BIAYA NON PERSONIL TAHUN 2012 82,885,000 1 Alat Tulis Sekolah (ATS) 12,500,000 2 Bahan dan Alat Habis Pakai (BAHP) 8,653,000 3 Pemeliharaan dan perbaikan ringan 8,360,000 4 Daya dan jasa 4,050,000 5 Transport/perjalanan dinas 1,200,000 6 Konsumsi dinas dan harian 1,500,000   7 Asuransi - 8 Pembinaan siswa/ekstra kurikuler 21,336,000 9 Tes dan Ujian l 16,119,000 10 Pelaporan pengelolaan keuangan 9,167,000 11 Beasiswa untuk siswa kurang mampu - 12 Lainnya, sebutkan! Jumlah Total 82,885,000 No Sumber Dana Jenis Dana Jumlah Dana (rupiah) 1 Pemerintah Pusat Jumlah 79,460,000 APBN 79,460,000 2 Pemerintah Propinsi Jumlah 3,425,000 APBD PROVINSI 3,425,000 3 Pemerintah Kabupaten/Kota Jumlah - APBD KAB/KOTA   4 Orang tua siswa Jumlah - SUMBANGAN SUKARELA 5 Masyarakat dan lainnya, Jumlah - BANK MANDIRI Jumlah Total 82,885,000 ANALISIS BIAYA STANDAR NILAI 1 JUMLAH SISWA 145 2 JUMLAH ROMBEL 6 3 TOTAL BIAYA OPERASIONAL NON PERSONEL 82,885,000 4 BIAYA OPERASIONAL NON PERSONEL/SEKOLAH 97,440,000 82,885,000 5 BIAYA OPERASIONAL NON PERSONEL/ROMBEL 16,240,000 13,814,167 6 BIAYA OPERASIONAL NON PERSONEL/SISWA 580,000 571,621 7 % ALOKASI ATS 10% 15.1% 8 % ALOKASI BAHP 10% 10.4% 9 MENGALOKASIKAN UNTUK KEPERLUAN LAINNYA 9.1 Pemeliharaan dan perbaikan ringan 1 9.2 Daya dan jasa 1 9.3 Transport/perjalanan dinas 1 9.4 Konsumsi dinas dan harian 1   9.5 Asuransi - 9.6 Pembinaan siswa/ekstra kurikuler 1 9.7 Tes dan Ujian l 1 9.8 Pelaporan pengelolaan keuangan 1 9.9 Beasiswa untuk siswa kurang mampu - JUMLAH 9 7 ANALISIS BIAYA STANDAR NILAI 1 TOTAL BIAYA SEKOLAH 82,885,000 2 TOTAL DANA YANG MASUK 82,885,000 BAB III TUJUAN PENDIDIKAN A. TUJUAN PENDIDIKAN DASAR Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dirumuskan mengacu kepada tujuan pendidikan dasar yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. B. VISI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 RAHARJA “ MEWUJUDKAN INSAN YANG CERDAS, TERAMPIL DIDASARI IMAN DAN TAQWA SERTA CINTA LINGKUNGAN HIDUP MENUJU SEKOLAH SEHAT ”. C. MISI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 RAHARJA a. Mengembangkan pembelajaran melalui pendekatan PAIKEM b. Meningkatkan keimanan ,ketakwaan dan membina akhlak mulia c. Mengefektifkan extrakurikuler pramuka dan Olahraga d. Menyiapkan generasi yang memiliki dasar dibidang IPTEK e. Menanamkan cinta lingkungan hidup f. Membudayakan hidup sehat Untuk mencapai misi tersebut, disiapkan langkah strategis sebagai berikut 1. Melaksanakan program peningkatan kompetensi personil sesuai Tugas dan Fungsinya. 2. Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan sesuai kebutuhan. 3. Mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan, metode, teknik, dan pemilihan media serta alat belajar yang sesuai. 4. Melaksanakan program pengembangan diri melalui bimbingan, kegiatan ekskul, serta pembiasaan yang dilandasi nilai budaya dan karakter bangsa. 5. Mengembangkan budaya sekolah yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa serta cita lingkungan hidup menuju sekolah sehat. 6. Membangun Sistem Informasi Manajemen Pendidikan 7. Menjalin hubungan kemitraan dengan orang tua, steakholder dan masyarakat dalam mengembangkan program sekolah. D. TUJUAN SEKOLAH 1. Membangun peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berahlak mulia serta sehat jasmani dan rohani. 2. Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. 3. Peserta didik memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dan mengaktulisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 4. Peserta didik memiliki kemampuan mengapresiasi nilai sosial budaya daerah maupun budaya nasional 5. Menghasilkan lulusan yang berkompetensi siap di tingkat pendidikan lanjutan 6. Peserta didik dapat meraih prestasi akademik dan non akademik pada event-event berjenjang maupun Insidentil yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun swasta. 7. Menjadikan peserta didik yang kreatif, terampil dan mandiri untuk dapat mengembangkan diri serta cinta lingkungan hidup menuju sekolah sehat. BAB IV STRATEGI PENGEMBANGAN SEKOLAH Dalam mewujudkan kondisi ideal sekolah sebagai mana yang diharapkan oleh seluruh stakeholders, yang tertuang pada visi, misi dan tujuan sekolah yang telah ditetapkan .maka dengan hal tersebut perlu dilakukan identifikasi untuk menentukan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki sekolah. Serta dilakukan pendataan peluang dan ancaman yang berada di luar sekolah. A. Analis SWOT (Strenght Weakness Opportunity Threat) Setelah melakukan identifikasi untuk menemukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki SD Negeri 2 Raharja, maka diperoleh data-data sebagai berikut : a. Kekuatan Sekolah (Strength) : 1. Keadaan bangunan sekolah 68 % baik. 2. Jumlah tenaga pendidik, dan non kependidikan cukup. 3. Situasi lingkungan sekolah cukup nyaman, tenang, dan mendukung. 4. Adanya bantuan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat maupun provinsi 5. Mempunyai 2 unit computer untuk menunjang kelancaran ketatalaksanaan b. Kelemahan Sekolah (Weakness) : 1. Ada ruang kelas yang perlu direhabilitasi. 2. Lingkungan sekitar sekolah yang kurang mendukung karena terletak di dekat pemakaman umum (TPU Desa Raharja) 3. Lemahnya kemauan guru untuk berinovasi dalam proses pembelajaran. 4. Belum memiliki musola. 5. Tenaga pendidik masih lemah dalam menguasai ketrampilan computer. 6. Masih kekurangan satu orang guru kelas 7. Letak sekolah kurang strategis karena berada jauh dari pemukiman penduduk. 8. Tidak memiliki penjaga sekolah yang tetap. 9. Tidak mempunyai tenaga kependidikan / tata usaha. 10. Masih terdapat guru yang belum diakui kualifikasi akademiknya (penyesuaian) c. Peluang yang dapat dikembangkan (Opportunity) : 1. Masih ada tanah kosong yang bias dikembangkan. 2. Semangat belajar anak yang cukup tinggi. 3. Pengembangan pelajaran muatan lokal dan ekstrakurikuler bisa berkolaburasi dengan lingkungan sekitar sekolah. 4. Banyak yang berminat menjadi penjaga sekolah. 5. Banyak yang berminat menjadi tenaga kependidikan/tata usaha. d. Ancaman dari luar (Threat) : 1. Orang tua siswa mayoritas ekomoni lemah dan buruh kasar 2. Rawan pencurian karena letak sekolah berada di tempat yang sepi berada dipigiran TPU 3. Letak dan jarak sekolah sangat dekat dengan sekolah lain. 4. Masih terdapat parit yang belum tertutup diareal depan sekolah rawan kecalakan peserta didik. e. Strategi Pengembangan Sekolah Strategi Umum (4 Tahun mendatang) 1. Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) • Memotivasi guru PNS dan NON PNS untuk menyelesaikan kualifikasi akademiknya • Mengikutsertakan pelatihan-pelatihan, penataran, seminar, loka karya, KKG, KKKS, Pertemuan llmiah, dan lain sebagainya. • Merekrut nara sumber sebagai tenaga akhli. • Meningkatkan kemampuan professional dan disiplin kinerja melalui berbagai pembinaan. 2. Bidang Sarana Prasarana • Membangun sarana yang belum ada, memperbaiki yang rusak dan meningkatkan upaya pemeliharaan. • Melengkapi kekurangan alat peraga dan media pembelajaran sampai memadai. • Mengupayakan dan melengkapi sarana penunjang kegiatan ekstra kurikuler 3. Bidang Kesiswaan • Meningkatkan pelayanan bimbingan penyuluhan terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar. • Meningkatkan aktifitas kegiatan ekstrakurikuler. • Meningkatan bimbingan terhadap siswa yang berbakat/berpotensi kegiatan non akademis. • Menanamkan sikap daya saing yang sehat dan sportif dalam berprestasi. • Memberikan peluang kepada siswa untuk mengikuti berbagai kompetisi. 4. Bidang Kurikulum • Meningkatan pelayanan pembelajaran dengan media dan teknik yang variatif dan menyenangkan sesuai kaidah PAIKEM • Mengembangkan sistem Pemebelajaran Tuntas. • Mengembagkan pendidikan kecakapan hidup (life skill). • Mengembangan pendidikan berbasis keunggulan local dan global • Pengembangan pendidikan kecakapan hidup 5. Bidang Keuangan • Meningkatkan manajemen pengelolaan dan pemanfaat dana pendidikan. • Mencari donatur dari Pemerintah dan DUDI • Meningkatkan kesejateraan personal. • Membina gemar menabung dan meningkatkan manajemen pengelolaannya. • Mengadakan pameran pembibitan bunga hias di akhir tahun pelajaran 6. Bidang Humas • Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam upaya meningkatkan kepedulian / peran serta masyarakat dalam memajukan pendidikan. • Membentuk ketua koordinasi dari setiap kelas. • Meningkatkan peran, fungsi dan kontribusi komite sekolah guna meningkatkan integritas dan kemajuan sekolah. • Memperluas ruang partisipasi masyarakat dalam membuat kebijakan sekolah. i. Strategi Khusus (Prioritas Program Tahun Pelajaran 2012/2013) 1. Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) • Memotivasi guru penyelesaian S.1 • Mengikuti pelatihan-pelatihan, penataran,TOT, in house training dan lain sebagainya. • Mengikuti KKKS dan KKG baik regular maupun Proram Bermutu. • Mengikuti seminar, loka karya, dan pertemuan forum ilmiah lainnya. • Memotivasi guru untuk belajar computer. 2. Bidang Sarana Prasrana • Pemenuhan dan pemeliharaan sarana Prasarana. • Melengkapi buku-buku sumber atau buku referensi • Menambah dan melengkapi buku-buku referensi/bacaan perpustakaan. • Melengkapi sarana dan media pembelajaran . • Melengkapi sarana kegiatan ekstrakurikuler. • Menambah jumlah /pembangunan ruang WC siswa • Menambah jumlah mebelair ruang kelas. • Merebilitasi ruang kelas • Meningkatkan upaya pemeliharaan terhadap asset sekolah. 3. Bidang Kesiswaan • Meningkatkan pelayanan bimbingan siswa. • Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler. • Mengembangkan bakat dan potensi siswa. • Menanamkan semangat belajar, berkompetisi secara sehat, dan sportif. 4. Bidang Kurikulum dan Pembelajaran • Melengkapi dan menertibkan adminstrasi kurikulum. • Mengikuti pelatihan /penataran tentang pendidikan bermutu. • Mengikuti KKG/KKKS . • Mengikuti latihan pengembangan kurikulum. • Mengadakan implementasi dan simulasi teknik-teknik pembelajaran dan mendiskusikan pemecahan masalah yang dialami/dihadapi 5. Bidang Keuangan • Mengikuti pembinaan dan pelatihan pengelolaan dana BOS. • Membina dan mengembangkan gerakan suka menabung. • Menertibkan manajemen pengelolaan keuangan sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, moral, dan profesional. 7. Bidang Humas • Meningkatkan peran dan fungsi komite sekolah. • Memberdayakan orang tua siswa dan masyarakat dalam upaya turut memajukan dan meningkatkan kulaitas pendidikan. • Mengikutsertakan warga sekolah dalam even-even tertentu dalam upaya menjalin hubungan baik dan promosi sekolah. B. Sasaran Target Pencapaian Tujuan Sekolah a. Target Pencapaian Tujuan 1 Tahun Mendatang Tujuan sekolah yang hendak dicapai pada Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah : 1. Siswa Kelas VI lulus 100 % dengan nilai UN rata-rata 6,5 serta 100% melanjutkan ke tingkat SMP atau sederajat. 2. Mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 7,00 untuk semua mata pelajaran 3. Meningkatkan prestasi baik ranah cognitif, psikomotor dan afektif setiap warga sekolah 4. Memiliki prestasi bergengsi dalam setiap kegiatan lomba yang diikuti 5. Mampu mengembangkan satu jenis cabang olahraga yaitu Voli Bal 6. Peningkatan pengadministrasian sekolah 7. Dapat melaksanakan perehaban sebagian ruangan kelas yang rusak. 8. Peningkatan nilai kepercayaan masyarakat terhadap sekolah 9. Dapat mengupayakan pengadaan media pembelajaran seperangkat computer/lep top/Infokus. 10. Menambah sebagian jumlah buku teks pelajaran pegangan siswa 11. Peningkatan berbicara sopan dan tertib. 12. Peningkatan disiplin pembuangan sampah pada tempatnya. 13. Pemberian keterampilan Penyetekan,pendederan dan penanaman bunga hias. 14. Penanggulangan, Penyortiran/pemanfaatan dan penggunaan sampah sebagai penunjang kegiatan Proses Pembelajaran 3 R (Reduce, Reuse, dan Recycle) 15. Penanaman keterampilan tata ruang lingkungan sekolah. b. Target Pencapaian Tujuan 2 tahun Mendatang Tujuan sekolah yang hendak dicapai pada Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah : 1. Siswa Kelas VI lulus 100 % dengan nilai UN rata-rata 7.00 serta 100% melanjutkan ke tingkat SMP atau sederajat. 2. Mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 7.50 untuk semua mata pelajaran 3. Setiap warga sekolah memiliki etos kerja dan mental juara 4. Tampil menjadi juara lomba olah raga di tingkat kecamatan. 5. Mampu mengembangkan 2 cabang olah raga yaitu Voli Bal dan Tenis Meja 6. Terpenuhinya buku teks mata pelajaran yang di UN kan bagi setiap siswa 7. Tetap meningkatkan keterampilan computer 8. Peningkatan tata lingkungan sekolah c. Target Pencapaian Tujuan 3 Tahun Mendatang Tujuan sekolah yang hendak dicapai pada Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah : 1. Tampil menjadi salah satu SD Pavorit di Kecamatan Purwaharja 2. Siswa Kelas VI lulus 100 % dengan nilai UN rata-rata 7,00 serta 100% melanjutkan ke tingkat SMP atau sederajat. 3. Mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 7,5 untuk semua mata pelajaran 4. Setiap warga sekolah senantiasa memilki etos kerja dan mental juara 5. Sebagian guru memliki computer atau laptop 6. Sebagian besar guru ( 100%) berijazah Sarjana Pendidikan atau S.1 7. Tampil menjadi juara lomba seni dan olah raga di tingkat Kota Banjar 8. Terpenuhi kebutuhan buku teks semua mata pelajaran bagi seluruh siswa d. Target Pencapaian Tujuan 4 Tahun Mendatang Tujuan sekolah yang hendak dicapai pada Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah : 1. Tampil menjadi salah satu Sekolah “ ASTANA”(Asri,Sejuk,Tertib,Aman,Necis dan Alami ) di Kota Banjar 2. Siswa Kelas VI lulus 100 % dengan nilai UN rata-rata 7,00 serta 100% melanjutkan ke tingkat SMP atau sederajat. 3. Mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 7,5 untuk semua mata pelajaran 4. Tampil menjadi juara 1 dari salah satu mata loba olah raga di tingkat Kota Banjar 5. Semua ruangan kelas refresentatif dan menyenangkan 6. Terwujudnya mushola/tempat melaksanakan ibadah umat islam. 7. Tampil menjadi Sekolah Necis bersih dan sehat. 8. Semua guru terampil mengoperasikan computer atau laptop 9. 100 % guru yang ada sudah berijazah Sarjana Pendidikan atau S.1 BAB V MANAJEMEN KELEMBAGAAN A. Struktur Kelembagaan KET 1. --- GARIS Koordinasi 2. GARIS Kebijaksanaan B. SUSUNAN ORGANISASI KEGIATAN SEKOLAH WIYATA MANDALA SD NEGERI 2 RAHARJA TIM PENGEMBANG SEKOLAH SD NEGERI 2 RAHARJA Penanggungjawab Ketua Wakil Ketua Sekretaris Bendahara Seksi-seksi 1. Kegiatan 5 K 2. Penghematan Listrik dan Air 3. Pengolahan Sampah 4. Pengaturan Limbah 5. Penghijauan 6. Sarana Prasarana/Peralatan : : : : : : : : : : : Kepala Sekolah TATI ROHAYATI,S.Pd AHMAD FATONI JAJANG NURJAMAN ELSY JULVITA CUCU HUSNIATI,S.Pd N.E.KARTINI,S.Pd.I SALSIH SUSILAWATI,S.Pd. ELIN DARLIAH,S.Pd ROSI KANIA DEWI,S.Pd/ ASTRI SULASTRI, S.Pd UHA/EROS Purwaharja, Juli 2012 Kepala SD Negeri 2 Raharja ADE, S.Pd NIP, 19630716 198305 1 006 BAB VI PROGRAM PENGEMBANGAN a. Program Jangka Pendek No Kegiatan Tahun Pelajaran 2012-2013 s/d 2015-2016 Waktu/Bulan Jul Agt Sep Okt Nov Des Jan Peb Mart Apr Mei Jun 1 Pelaksanaan Kurkulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) v v v v v v - v v v v v 2 Rapat Dewan Guru v v v v v v v v v v v v 3 Rapat Koordinasi KKKS v v v v v v v v v v v v 4 Rapat KKG v v v v v v v v v v v v 5 Mengadakan pengayaan siswa berprestasi utuk pestival v v V 6 Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia v v v v v 7 Mengadakan Ulangan Harian v v v v v v v v v v v v 8 Mengadakan Kegiatan Jeda Semester v v 9 Mengadakan Akhir Ulangan Semester v v   10 Mensosialisasikan Peranan Masyarakat/Komite v v 11 Mengadakan pendalaman Materi v v v v v 12 Melaksanakan Ekstra Kurikuler v v v v v - v v v v v - 13 Pengendalian dan Pemanfaatan Sarana Prasarana v v v v v v v v v v v v 14 Pemanfaatan Dana dari Pemerintah v v v v v v v v v v v v 15 Melaksanakan 7 K v v v v v v v v v v v v Program Jangka Menengah No Kegiatan Waktu/Tahun Ket 2012/2013 2013/2014 2014/2015 2015/2016 1 Sumber Daya Manusia a. Supervisi Kelas v v v v b. PKB/CPD v v v v c. Diklat,Seminar,Workshop v v v v d. Studi banding v 2 Kurikulum a. Pengembangan Kurikulum v v v v b. Revisi KTSP v v v v   3 Tenaga Pendidik dan Kependidikan a. Guru Kesenian v v v v b. Tenaga TU v v v v c. Pustakawan v v v v 4 Kesiswaan a. Mengikuti Lomba-lomba v v v v b. Layanan Siswa Berpretasi v v v v c. Layanan Siswa yang lambat v v v v d. Pengujian Beasiswa v v v v e. Pembinaan Bakat/Minat v v v v 5 Keuangan a. Penyusuna RAPBS v v v v b. Pengawasan v v v v c. Pengelolaan v v v v d. Pertanggungjawaban dan Pelaporan v v v v   6 Sarana Prasarana a. Perawatan Alat-alat penertiban Aset v v v v b. Pengadaan 1 unit Komputer/LCD v c. Pengadaan mebelair Lemari Buku v d. Pengadaan lemari kabinet v v e. Pengadaan meja tulis v v f. Penambahan WC siswa v v g. Pembuatan Mushola v h. Pengadaan alat peraga v v v i. Pemasangan Internet Anlimited/Hondshot v j. Pemasangan pagar pembatas Tempat Pemakaman Umum (TPU) dengan Sekolah sebagai tempat olahraga. v 7 Hubungan Masyarakat a. Rapat Komite v v v v b. Rapat Wali Siswa v v v v d. Kunjungan Siswa/Wali v v v v e. Koordinasi dengan intansi lain v v v v BAB VII PENUTUP Peningkatan mutu sekolah merupakan harapan utama sebagai mana yang dituangkan pada Visi dan Misi Sekolah. Agar rencana pengembangan sekolah ini berfungsi secara berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan apa yang diharapkan, maka seluruh stakeholders sekolah harus memiliki sikap, motivasi, langkah dan komitmen yang sama sehingga terjadi sinerginat dengan baik. Terutama para pelaksana pendidikan yaitu guru harus benar-benar memiliki rasa taggung jawab yang tinggi supaya seluruh program yang ada dalam rencana pengembangan sekolah ini dapat direalisasikan sebagaimana mestinya. Terutama dalam menerapkan teknik-teknik pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran perlu keseriusan karena mutu pendidikan mustahil akan terwujud apabila tidak ada niat, kemauan ,keinginan dan upaya untuk merobah kebiasaan cara mengajar gaya lama dengan teknik dan media pembelajaran yang kini terus dikembangkan dan digalakkan. Melalui pembinaan yang terprogram serta berkelanjutan diharapkan dapat mewujudkan sekolah memiliki nilai kepercayaan tinggi dari masyarakat. Melalui kegiatan ini guru dapat memotivasi diri untuk selalu melakukan perbaikan terhadap kompetensi/subkompetensi hingga dicapai predikat guru professional,akhirnya akan berdampak terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dan mutu pendidikan.