PROGRAM PEMBIASAAN YANG DIKEMBANGKAN
DI SD NEGERI 2 RAHARJA
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Program
pembiasaan dimaksudkan untuk menanamkan sistem nilai pada
peserta didik yang dapat mewarnai prilaku peserta didik sehari-hari.. Program
pembiasaan dibedakan berdasarkan kurun waktu pelaksanaan meliputi pembiasaan
terperogram, pembiasaan rutin, pembiasaan
spontan dan pembiasaan keteladanan. Guru kelas dan guru mata pelajaran serta dibantu semua unsur
di sekolah sebagai fasilitator pembiasaan.
1)
Pembiasaan rutin
No.
|
Pembiasaan
Rutin
|
Nilai
PBKB
|
Strategi
|
1
|
Berdoa sebelum
dan sesudah belajar.
|
Religius
|
Pembiasaan
|
2
|
Menyanyikan
salah satu lagu nasional sebelum belajar.
|
Cinta tanah air
|
Pembiasaan
|
3
|
Memeriksa
Keberisihan dan kesehatan tubuh siswa/siswi.
|
Cinta kesehatan
|
Pembiasaan
|
4
|
Menyanyikan
salah satu lagu Daerah setelah selesai pembelajaran terakhir.
|
Cinta budaya
daerah
|
Pembiasaan
|
5
|
Upacara bendera
|
Disiplin
|
Pembiasaan
|
6
|
Berbahasa
Sunda
|
Kebangsaan
|
Tugas
|
7
|
Kunjungan ke perpustakaan dan membudayakan
membaca
|
Gemar membaca
|
Tugas
|
8
|
Shalat
Dhuha, Shalat Duhur
|
Religius
|
Praktek
|
9
|
Pembacaan
Asmaul Husna secara berjamaah setiap hari jumat sebelum masuk kelas.
|
Religius
|
Pembiasaan
|
10
|
Piket K3
|
Peduli lingkungan
|
Praktek
|
2)Pembiasaan terperogram
No.
|
Pembiasaan
Terperogram
|
Nilai
PBKB
|
Strategi
|
1
|
Latihan Kepemimpinan
|
Kemandirian
|
Kegiatan
|
2
|
Pesantren Ramdhan
|
Religius
|
Kegiatan
|
3
|
Peringatan hari besar
|
Cinta tanah air
|
Kegiatan
|
3)
Kegiatan spontan
Kegiatan spontan yaitu
kegiatan yang dilakukan secara spontan pada saat itu juga. Kegiatan ini
dilakukan biasanya pada saat guru dan tenaga kependidikan yang lain mengetahui
adanya perbuatan yang kurang baik dari peserta didik yang harus dikoreksi pada
saat itu juga. Apabila guru mengetahui adanya perilaku dan sikap yang kurang
baik maka pada saat itu juga guru harus melakukan koreksi sehingga peserta
didik tidak akan melakukan tindakan yang tidak baik itu. Kegiatan spontan berlaku untuk perilaku dan sikap peserta didik yang
tidak baik dan yang baik sehingga perlu dipuji.
No.
|
Pembiasaan Spontan
|
Uraian
|
Strategi
|
1
|
Budaya
bersih
dan rapih
|
§ Menjaga
kebersihan pribadi dan lingkungan
§ Pakaian
selalu bersih dan rapih
§ Membuang
sampah pada tempatnya
§ Dilarang
menulis/mengambar bukan pada tempatnya
§ Merapikan
barang pribadi dan kelas
§ Menyimpan
barang pada tempatnya
§ Makan
dan minum dengan cara duduk
|
Koreksi
|
2
|
Budaya sehat
|
§ Makanan dan minum yang
baik
§ Sarapan pagi
|
|
3
|
Budaya tertib dan disiplin
|
§ Tepat waktu
§ Mengerjakan tugas
§ Mengikuti kegiatan di
sekolah
§ Tidak mengganggu teman
|
|
5
|
Budaya sopan santun
|
§ Senyum, salam dan sapa
§ Bersikap hormat
|
Nasehat
|
6
|
Budaya
social
|
§ Menjenguk teman/guru
§ Tolong menolong
§ Berhemat
§ Gotong royong
|
4)
Pembiasaan keteladanan
Keteladanan adalah perilaku dan sikap guru dan tenaga kependidikan yang lain dalam memberikan contoh terhadap tindakan-tindakan yang baik sehingga
diharapkan menjadi panutan bagi peserta didik untuk mencontohnya. Jika guru dan
tenaga kependidikan yang lain menghendaki agar peserta didik berperilaku dan
bersikap sesuai dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa maka guru dan
tenaga kependidikan yang lain adalah orang yang pertama dan utama memberikan
contoh berperilaku dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai itu.
No.
|
Pengembangan
Diri
|
Nilai
|
Strategi
|
1
|
Prilaku Kepala
Sekolah
|
Kepemimpinan
|
Contoh
|
2
|
Prilaku Guru
|
Sopan santun
|
Contoh
|
3
|
Prilaku kayawan Sekolah
|
Disiplin
|
Contoh
|
Purwaharja, Juli
2015
Kepala SDN 2 Raharja
ADE , S.Pd
NIP :19630716 198305 1 006
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar