Rabu, 27 April 2016

PROGRAM PEMBIASAAN DI SDN 2 RAHARJA


PROGRAM PEMBIASAAN YANG DIKEMBANGKAN
DI SD NEGERI 2 RAHARJA
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
                 Program pembiasaan dimaksudkan untuk menanamkan sistem nilai pada peserta didik yang dapat mewarnai prilaku peserta didik sehari-hari.. Program pembiasaan dibedakan berdasarkan kurun waktu pelaksanaan meliputi pembiasaan terperogram, pembiasaan rutin, pembiasaan spontan dan pembiasaan keteladanan. Guru kelas dan guru mata pelajaran serta dibantu semua unsur di sekolah sebagai fasilitator pembiasaan.
1)        Pembiasaan rutin
No.
Pembiasaan Rutin
Nilai PBKB
Strategi
1
Berdoa sebelum dan sesudah belajar.
Religius
Pembiasaan
2
Menyanyikan salah satu lagu nasional sebelum belajar.
Cinta tanah air
Pembiasaan
3
Memeriksa Keberisihan dan kesehatan tubuh siswa/siswi.
Cinta kesehatan
Pembiasaan
4
Menyanyikan salah satu lagu Daerah setelah selesai pembelajaran terakhir.
Cinta budaya daerah
Pembiasaan
5
Upacara bendera
Disiplin
Pembiasaan
6
Berbahasa Sunda
Kebangsaan
Tugas
7
Kunjungan ke perpustakaan dan membudayakan  membaca
Gemar membaca
Tugas
8
Shalat Dhuha, Shalat Duhur
Religius
Praktek
9
Pembacaan Asmaul Husna secara berjamaah setiap hari jumat sebelum masuk kelas.
Religius
Pembiasaan
10
Piket K3
Peduli lingkungan
Praktek

2)Pembiasaan terperogram
No.
Pembiasaan Terperogram
Nilai PBKB
Strategi
1
Latihan Kepemimpinan
Kemandirian
Kegiatan
2
Pesantren Ramdhan
Religius
Kegiatan
3
Peringatan hari besar
Cinta tanah air
Kegiatan

3)        Kegiatan spontan
Kegiatan spontan yaitu kegiatan yang dilakukan secara spontan pada saat itu juga. Kegiatan ini dilakukan biasanya pada saat guru dan tenaga kependidikan yang lain mengetahui adanya perbuatan yang kurang baik dari peserta didik yang harus dikoreksi pada saat itu juga. Apabila guru mengetahui adanya perilaku dan sikap yang kurang baik maka pada saat itu juga guru harus melakukan koreksi sehingga peserta didik tidak akan melakukan tindakan yang tidak baik itu. Kegiatan spontan berlaku untuk perilaku dan sikap peserta didik yang tidak baik dan yang baik sehingga perlu dipuji.
No.
Pembiasaan Spontan
Uraian
Strategi
1
Budaya bersih dan rapih
§  Menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan
§  Pakaian selalu bersih dan rapih
§  Membuang sampah pada tempatnya
§  Dilarang menulis/mengambar bukan pada tempatnya
§  Merapikan barang pribadi dan kelas
§  Menyimpan barang pada tempatnya
§  Makan dan minum dengan cara duduk
Koreksi
2
Budaya sehat
§  Makanan dan minum yang baik
§  Sarapan pagi
3
Budaya tertib dan disiplin
§  Tepat waktu
§  Mengerjakan tugas
§  Mengikuti kegiatan di sekolah
§  Tidak mengganggu teman
5
Budaya sopan santun
§  Senyum, salam dan sapa
§  Bersikap hormat
Nasehat
6
Budaya social
§  Menjenguk teman/guru
§  Tolong menolong
§  Berhemat
§  Gotong royong






4)     Pembiasaan keteladanan
Keteladanan adalah perilaku dan sikap guru dan tenaga kependidikan yang lain dalam memberikan contoh terhadap tindakan-tindakan yang baik sehingga diharapkan menjadi panutan bagi peserta didik untuk mencontohnya. Jika guru dan tenaga kependidikan yang lain menghendaki agar peserta didik berperilaku dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa maka guru dan tenaga kependidikan yang lain adalah orang yang pertama dan utama memberikan contoh berperilaku dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai itu.

No.
Pengembangan Diri
Nilai
Strategi
1
Prilaku Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Contoh
2
Prilaku Guru
Sopan santun
Contoh
3
Prilaku kayawan Sekolah
Disiplin
Contoh




Purwaharja, Juli 2015
Kepala SDN 2 Raharja




ADE , S.Pd
NIP :19630716 198305 1 006


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar