Rabu, 28 November 2012

ANALISIS SWOT...........................

STRATEGI PENGEMBANGAN SEKOLAH

Dalam mewujudkan kondisi ideal sekolah sebagai mana yang diharapkan oleh seluruh stakeholders, yang tertuang pada visi, misi dan tujuan sekolah yang telah ditetapkan .maka dengan hal tersebut perlu dilakukan identifikasi untuk menentukan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki sekolah. Serta dilakukan pendataan peluang dan ancaman  yang berada di luar sekolah.
A.     Analis SWOT (Strenght Weakness Opportunity Threat)
Setelah melakukan identifikasi untuk menemukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki SD Negeri 2 Raharja, maka diperoleh data-data sebagai berikut :
a.      Kekuatan Sekolah (Strength) :
1.      Keadaan bangunan sekolah 68 % baik.
2.      Jumlah tenaga pendidik, dan non kependidikan cukup.
3.      Situasi lingkungan sekolah cukup nyaman, tenang, dan  mendukung.
4.      Adanya  bantuan  dana   Bantuan Operasional  Sekolah (BOS)  dari   pemerintah   pusat
maupun    provinsi
5.      Mempunyai  2 unit computer untuk menunjang kelancaran ketatalaksanaan

b.      Kelemahan Sekolah (Weakness) :
1.      Ada ruang kelas yang perlu direhabilitasi.
2.      Lingkungan sekitar sekolah  yang kurang mendukung karena terletak di dekat pemakaman umum (TPU Desa Raharja)
3.      Lemahnya kemauan guru untuk berinovasi dalam proses pembelajaran.
4.      Belum memiliki musola.
5.      Tenaga pendidik masih lemah dalam menguasai ketrampilan computer.
6.      Masih kekurangan satu orang guru kelas
7.      Letak sekolah kurang strategis karena  berada  jauh dari pemukiman penduduk.
8.      Tidak memiliki penjaga sekolah  yang tetap.
9.      Tidak mempunyai tenaga kependidikan / tata usaha.
10.  Masih terdapat guru yang belum diakui kualifikasi akademiknya (penyesuaian)

c.        Peluang yang dapat dikembangkan (Opportunity) :
1.      Masih ada tanah kosong yang bias dikembangkan.
2.      Semangat belajar anak yang cukup tinggi.
3.      Pengembangan pelajaran muatan lokal dan ekstrakurikuler bisa berkolaburasi dengan lingkungan sekitar sekolah.
4.      Banyak yang berminat menjadi penjaga sekolah.
5.      Banyak yang berminat menjadi tenaga kependidikan/tata usaha.

d.      Ancaman dari luar (Threat) :
1.      Orang tua  siswa mayoritas  ekomoni lemah dan buruh kasar
2.      Rawan pencurian karena letak sekolah berada di tempat yang sepi berada dipigiran TPU
3.      Letak dan jarak sekolah sangat dekat dengan sekolah lain.
4.      Masih terdapat parit yang belum tertutup diareal depan sekolah rawan kecalakan peserta didik.
e.      Strategi Pengembangan Sekolah
Strategi Umum (4 Tahun mendatang)
1.   Bidang Sumber Daya Manusia (SDM)
·         Memotivasi  guru PNS dan NON PNS untuk menyelesaikan kualifikasi akademiknya
·         Mengikutsertakan pelatihan-pelatihan, penataran, seminar, loka karya, KKG, KKKS, Pertemuan llmiah, dan lain sebagainya.
·         Merekrut nara sumber sebagai tenaga akhli.
·         Meningkatkan kemampuan professional dan disiplin kinerja melalui berbagai pembinaan.

2.      Bidang Sarana Prasarana
·      Membangun sarana yang belum ada, memperbaiki yang rusak dan meningkatkan
upaya pemeliharaan.
·      Melengkapi kekurangan  alat peraga dan media pembelajaran sampai memadai.
·      Mengupayakan dan melengkapi sarana penunjang kegiatan ekstra kurikuler
3.   Bidang Kesiswaan
·      Meningkatkan pelayanan bimbingan penyuluhan  terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar.
·      Meningkatkan aktifitas kegiatan ekstrakurikuler.
·      Meningkatan bimbingan terhadap siswa yang berbakat/berpotensi kegiatan non akademis.
·      Menanamkan sikap daya saing yang sehat dan sportif dalam berprestasi.
·      Memberikan peluang kepada siswa untuk mengikuti berbagai kompetisi.
4.   Bidang Kurikulum
·      Meningkatan pelayanan pembelajaran dengan media dan teknik yang variatif dan menyenangkan sesuai kaidah PAIKEM
·         Mengembangkan sistem Pemebelajaran Tuntas.
·         Mengembagkan pendidikan kecakapan hidup (life skill).
·         Mengembangan pendidikan berbasis keunggulan local dan global
·         Pengembangan pendidikan kecakapan hidup
5.   Bidang Keuangan
·         Meningkatkan manajemen pengelolaan dan pemanfaat dana pendidikan.
·         Mencari donatur dari Pemerintah dan DUDI
·         Meningkatkan kesejateraan personal.
·         Membina gemar menabung dan meningkatkan manajemen pengelolaannya.
·         Mengadakan pameran pembibitan bunga hias  di akhir tahun pelajaran
6.   Bidang Humas
·         Mengimplementasikan  Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam upaya meningkatkan kepedulian / peran serta masyarakat dalam memajukan pendidikan.
·         Membentuk  ketua koordinasi dari setiap kelas.
·         Meningkatkan peran, fungsi dan kontribusi komite sekolah guna meningkatkan integritas dan kemajuan sekolah.
·         Memperluas ruang partisipasi masyarakat dalam membuat kebijakan sekolah.
                    i.               Strategi Khusus (Prioritas Program Tahun Pelajaran 2012/2013)
1.      Bidang Sumber Daya Manusia (SDM)
·         Memotivasi guru penyelesaian S.1
·         Mengikuti pelatihan-pelatihan, penataran,TOT, in house training dan lain sebagainya.
·         Mengikuti KKKS dan KKG baik regular maupun Proram Bermutu.
·         Mengikuti seminar, loka karya, dan  pertemuan forum ilmiah lainnya.
·         Memotivasi guru untuk belajar computer.
2.      Bidang Sarana Prasrana
·         Pemenuhan dan pemeliharaan sarana Prasarana.
·         Melengkapi buku-buku sumber atau buku referensi
·         Menambah dan melengkapi buku-buku referensi/bacaan perpustakaan.
·         Melengkapi sarana dan media pembelajaran .
·         Melengkapi sarana  kegiatan ekstrakurikuler.
·         Menambah jumlah /pembangunan ruang WC siswa
·         Menambah jumlah mebelair ruang kelas.
·         Merebilitasi ruang kelas
·         Meningkatkan upaya pemeliharaan terhadap asset sekolah.

3.      Bidang Kesiswaan
·         Meningkatkan pelayanan bimbingan siswa.
·         Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler.
·         Mengembangkan bakat dan potensi siswa.
·         Menanamkan semangat belajar, berkompetisi secara sehat, dan sportif.
4.      Bidang Kurikulum dan Pembelajaran
·         Melengkapi dan menertibkan adminstrasi kurikulum.
·         Mengikuti pelatihan /penataran tentang pendidikan bermutu.
·         Mengikuti KKG/KKKS .
·         Mengikuti latihan pengembangan kurikulum.
·         Mengadakan implementasi dan simulasi teknik-teknik pembelajaran dan mendiskusikan pemecahan masalah yang dialami/dihadapi
5.      Bidang Keuangan
·         Mengikuti pembinaan dan pelatihan pengelolaan dana BOS.
·         Membina dan mengembangkan gerakan suka menabung.
·         Menertibkan manajemen pengelolaan keuangan sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, moral, dan  profesional.
7.   Bidang Humas
·         Meningkatkan peran dan  fungsi komite sekolah.
·         Memberdayakan orang tua siswa dan masyarakat dalam upaya turut memajukan dan meningkatkan kulaitas pendidikan.
·         Mengikutsertakan warga sekolah dalam even-even tertentu dalam upaya menjalin hubungan baik dan promosi sekolah.
B.  Sasaran Target Pencapaian Tujuan Sekolah
    a. Target  Pencapaian Tujuan 1 Tahun Mendatang
        Tujuan sekolah yang hendak dicapai pada Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah :
1.      Siswa Kelas VI lulus 100 % dengan nilai UN rata-rata 6,5 serta 100% melanjutkan ke tingkat SMP atau sederajat.
2.      Mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 7,00 untuk semua mata pelajaran
3.      Meningkatkan  prestasi baik ranah  cognitif, psikomotor dan afektif setiap warga sekolah
4.      Memiliki prestasi bergengsi dalam setiap kegiatan  lomba yang diikuti
5.      Mampu mengembangkan satu  jenis cabang olahraga yaitu  Voli Bal 
6.      Peningkatan pengadministrasian sekolah
7.      Dapat melaksanakan perehaban sebagian ruangan kelas yang rusak.
8.      Peningkatan nilai  kepercayaan masyarakat terhadap sekolah
9.      Dapat mengupayakan pengadaan media pembelajaran  seperangkat computer/lep top/Infokus.
10.  Menambah sebagian jumlah buku teks pelajaran pegangan siswa
11.  Peningkatan berbicara sopan dan tertib.
12.  Peningkatan disiplin pembuangan sampah pada tempatnya.
13.  Pemberian keterampilan Penyetekan,pendederan dan penanaman bunga hias.
14.  Penanggulangan, Penyortiran/pemanfaatan dan penggunaan sampah sebagai penunjang kegiatan Proses Pembelajaran 3 R (Reduce, Reuse, dan Recycle)
15.  Penanaman keterampilan tata ruang lingkungan sekolah.
b.      Target Pencapaian Tujuan 2 tahun Mendatang
           Tujuan sekolah yang hendak dicapai pada Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah :
1.      Siswa Kelas VI lulus 100 % dengan nilai UN rata-rata  7.00 serta 100% melanjutkan ke tingkat SMP atau sederajat.
2.      Mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 7.50 untuk semua mata pelajaran
3.      Setiap warga sekolah memiliki  etos kerja dan mental juara
4.      Tampil menjadi juara lomba olah raga di tingkat kecamatan.
5.      Mampu mengembangkan 2 cabang olah raga yaitu Voli Bal dan Tenis Meja
6.      Terpenuhinya  buku teks mata pelajaran yang di UN kan bagi setiap siswa
7.      Tetap meningkatkan keterampilan computer
8.      Peningkatan tata lingkungan sekolah
c.       Target Pencapaian Tujuan 3 Tahun Mendatang
           Tujuan sekolah yang hendak dicapai pada Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah :
1.       Tampil menjadi salah satu SD Pavorit di Kecamatan Purwaharja
2.       Siswa Kelas VI lulus 100 % dengan nilai UN rata-rata 7,00 serta 100% melanjutkan ke tingkat SMP atau sederajat.
3.       Mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 7,5 untuk semua mata pelajaran
4.       Setiap warga sekolah  senantiasa memilki etos kerja  dan mental juara
5.       Sebagian guru memliki   computer atau laptop
6.       Sebagian besar guru ( 100%) berijazah   Sarjana Pendidikan atau S.1
7.       Tampil menjadi juara lomba seni dan olah raga di tingkat Kota Banjar
8.       Terpenuhi kebutuhan  buku teks semua mata pelajaran bagi seluruh siswa
d.      Target Pencapaian Tujuan 4 Tahun Mendatang
           Tujuan sekolah yang hendak dicapai pada Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah :
1.       Tampil menjadi salah satu Sekolah “ ASTANA”(Asri,Sejuk,Tertib,Aman,Necis dan Alami ) di Kota Banjar
2.       Siswa Kelas VI lulus 100 % dengan nilai UN rata-rata 7,00 serta 100% melanjutkan ke tingkat SMP atau sederajat.
3.       Mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 7,5  untuk semua mata pelajaran
4.       Tampil menjadi juara 1  dari salah satu mata loba olah raga di tingkat Kota Banjar
5.        Semua ruangan kelas  refresentatif dan menyenangkan
6.       Terwujudnya mushola/tempat melaksanakan ibadah umat islam.
7.       Tampil menjadi Sekolah Necis bersih dan sehat.          
8.       Semua guru terampil mengoperasikan   computer atau laptop
9.       100 %  guru  yang ada sudah berijazah   Sarjana Pendidikan atau S.1

2 komentar: