MEKANISME PENYUSUNAN
KTSP
Analisis
:
•
Kekuatan/ kelemahan
•
Peluang/ tantangan
•
Dokumen Standar isi, SKL,
Standar Pengelolaan, Standar Pro-
ses, Standar Penilaian, dan Panduan
Penyusunan KTSP
kegiatan :
•
Pembentukan
TIM
•
penyiapan
dan penyusunan draf,
•
review
dan revisi, serta finalisasi,
•
pemantapan
dan penilaian
hasil :
Naskah
KTSP diberlaku-kan
KTSP DIKEMBANGKAN BERDASARKAN PRINSIP-PRINSIP SEBAGAI BERIKUT:
1. Berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2.
Beragam dan terpadu
3.
Tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni
4.
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5.
Menyeluruh dan berkesinambungan
6.
Belajar sepanjang hayat
7. Seimbang
antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
ACUAN OPERASIONAL KTSP
- Peningkatan iman
dan takwa serta akhlak mulia
- Peningkatan
potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan
kemampuan peserta didik
- Keragaman
potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
- Tuntutan
pembangunan daerah dan nasional
- Tuntutan dunia
kerja
- Perkembangan
ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
- Agama
- Dinamika
perkembangan global
- Persatuan
nasional dan nilai-nilai kebangsaan
- Kondisi sosial
budaya masyarakat setempat
- Kesetaraan
Jender
- Karakteristik
satuan pendidikan
ISI / MUATAN KURIKULUM
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
·
KTSP DOKUMEN I
BAB I . PENDAHULUAN
BAB II . TUJUAN
PENDIDIKAN
BAB III. STRUKTUR
dan MUATAN KURIKULUM
BAB IV. KALENDER
PENDIDIKAN
MUATAN KTSP, MELIPUTI:
- Mata pelajaran
- Muatan lokal
- Kegiatan pengembangan diri
- Pengaturan beban belajar
- Ketuntasan belajar
- Kenaikan kelas dan kelulusan
- Penjurusan
- Pendidikan kecakapan hidup
- Pendidikan berbasis keunggulan
lokal dan global
Tidak ada komentar:
Posting Komentar