Senin, 23 Juli 2018

MEKANISME PENYUSUNAN KTSP


MEKANISME PENYUSUNAN KTSP

Analisis :
         Kekuatan/ kelemahan
         Peluang/ tantangan
         Dokumen Standar isi, SKL, Standar Pengelolaan, Standar Pro-
            ses, Standar Penilaian, dan Panduan Penyusunan KTSP
kegiatan :
         Pembentukan TIM
         penyiapan dan penyusunan draf,
         review dan revisi, serta finalisasi,
         pemantapan dan penilaian

hasil :
Naskah KTSP diberlaku-kan

KTSP DIKEMBANGKAN BERDASARKAN PRINSIP-PRINSIP SEBAGAI BERIKUT:
1.   Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2.   Beragam dan terpadu
3.   Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
4.   Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5.   Menyeluruh dan berkesinambungan
6.   Belajar sepanjang hayat
7.     Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

ACUAN OPERASIONAL KTSP
  1. Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia
  2. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik
  3. Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
  4. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional
  5. Tuntutan dunia kerja
  6. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
  7. Agama
  8. Dinamika perkembangan global
  9. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan
  10. Kondisi sosial budaya masyarakat setempat
  11. Kesetaraan Jender
  12. Karakteristik satuan pendidikan
ISI / MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
·         KTSP  DOKUMEN I

BAB I .  PENDAHULUAN
BAB II . TUJUAN PENDIDIKAN
BAB III. STRUKTUR dan MUATAN KURIKULUM
BAB IV. KALENDER PENDIDIKAN

MUATAN KTSP, MELIPUTI:

    1. Mata pelajaran
    2.  Muatan lokal
    3.  Kegiatan pengembangan diri
    4.  Pengaturan beban belajar
    5.  Ketuntasan belajar
    6. Kenaikan kelas dan kelulusan
    7. Penjurusan
    8. Pendidikan kecakapan hidup
    9. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global




Tidak ada komentar:

Posting Komentar