STANDAR/INDIKATOR/SUB INDIKATOR
|
CAPAIAN 2017
|
||||
Nomor
|
Standar/Indikator/SubIndikator
|
|
Bobot
|
Nilai
|
Kategori
|
1
|
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
|
|
|
6,7
|
«««««
|
1.1.
|
Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi sikap
|
|
|
6,99
|
«««««
|
1.1.1.
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman
dan bertakwa kepada Tuhan YME
|
0,1
|
7
|
«««««
|
|
1.1.2.
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
berkarakter
|
0,1
|
7
|
«««««
|
|
1.1.3.
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap disiplin
|
0,1
|
7
|
«««««
|
|
1.1.4.
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun
|
0,1
|
6,99
|
«««««
|
|
1.1.5.
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
0,1
|
7
|
«««««
|
|
1.1.6.
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli
|
0,1
|
7
|
«««««
|
|
1.1.7.
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya
diri
|
0,1
|
7
|
«««««
|
|
1.1.8.
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
bertanggungjawab
|
0,1
|
7
|
«««««
|
|
1.1.9.
|
Memiliki perilaku pembelajar sejati sepanjang hayat
|
0,1
|
7
|
«««««
|
|
1.1.10.
|
Memiliki perilaku sehat jasmani dan rohani
|
0,1
|
7
|
«««««
|
|
1.2.
|
Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi pengetahuan
|
|
|
5,6
|
««««
|
1.2.1.
|
Memiliki pengetahuan faktual, prosedural,
konseptual, metakognitif
|
1
|
5,6
|
««««
|
|
1.3.
|
Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi
keterampilan
|
|
|
6,96
|
«««««
|
1.3.1.
|
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif
|
0,1666
|
7
|
«««««
|
|
1.3.2.
|
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak
produktif
|
0,1666
|
6,8
|
«««««
|
|
1.3.3.
|
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kritis
|
0,1666
|
7
|
«««««
|
|
1.3.4.
|
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak mandiri
|
0,1666
|
7
|
«««««
|
|
1.3.5.
|
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak
kolaboratif
|
0,1666
|
7
|
«««««
|
|
1.3.6.
|
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak
komunikatif
|
0,1666
|
6,99
|
«««««
|
2
|
STANDAR ISI
|
|
|
6,39
|
««««
|
2.1.
|
Perangkat pembelajaran sesuai rumusan kompetensi
lulusan
|
|
|
6,87
|
«««««
|
2.1.1.
|
Memuat karakteristik kompetensi sikap
|
0,2
|
6,61
|
««««
|
|
2.1.2.
|
Memuat karakteristik kompetensi pengetahuan
|
0,2
|
6,94
|
«««««
|
|
2.1.3.
|
Memuat karakteristik kompetensi keterampilan
|
0,2
|
7
|
«««««
|
|
2.1.4.
|
Menyesuaikan tingkat kompetensi siswa
|
0,2
|
6,99
|
«««««
|
|
2.1.5.
|
Menyesuaikan ruang lingkup materi pembelajaran
|
0,2
|
6,79
|
«««««
|
|
2.2.
|
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dikembangkan
sesuai prosedur
|
|
|
6,53
|
««««
|
2.2.1.
|
Melibatkan pemangku kepentingan dalam pengembangan
kurikulum
|
0,25
|
5,98
|
««««
|
|
2.2.2.
|
Mengacu pada kerangka dasar penyusunan
|
0,25
|
7
|
«««««
|
|
2.2.3.
|
Melewati tahapan operasional pengembangan
|
0,25
|
6,14
|
««««
|
|
2.2.4.
|
Memiliki perangkat kurikulum tingkat satuan
pendidikan yang dikembangkan
|
0,25
|
7
|
«««««
|
|
2.3.
|
Sekolah melaksanakan kurikulum sesuai ketentuan
|
|
|
5,79
|
««««
|
2.3.1.
|
Menyediakan alokasi waktu pembelajaran sesuai
struktur kurikulum yang berlaku
|
0,25
|
6,69
|
«««««
|
|
2.3.2.
|
Mengatur beban belajar bedasarkan bentuk pendalaman
materi
|
0,25
|
2,49
|
««
|
|
2.3.3.
|
Menyelenggarakan aspek kurikulum pada muatan lokal
|
0,25
|
7
|
«««««
|
|
2.3.4.
|
Melaksanakan kegiatan pengembangan diri siswa
|
0,25
|
6,97
|
«««««
|
3
|
STANDAR
PROSES
|
|
|
6,99
|
«««««
|
3.1.
|
Sekolah merencanakan proses pembelajaran sesuai
ketentuan
|
|
|
6,99
|
«««««
|
3.1.1.
|
Mengacu pada silabus yang telah dikembangkan
|
0,25
|
7
|
«««««
|
|
3.1.2.
|
Mengarah pada pencapaian kompetensi
|
0,25
|
7
|
«««««
|
|
3.1.3.
|
Menyusun dokumen rencana dengan lengkap dan
sistematis
|
0,25
|
6,99
|
«««««
|
|
3.1.4.
|
Mendapatkan evaluasi dari kepala sekolah dan
pengawas sekolah
|
0,25
|
7
|
«««««
|
|
3.2.
|
Proses pembelajaran dilaksanakan dengan tepat
|
|
|
6,97
|
«««««
|
3.2.1.
|
Membentuk rombongan belajar dengan jumlah siswa
sesuai ketentuan
|
0,0714
|
6,95
|
«««««
|
|
3.2.2.
|
Mengelola kelas sebelum memulai pembelajaran
|
0,0714
|
7
|
«««««
|
|
3.2.3.
|
Mendorong siswa mencari tahu
|
0,0714
|
7
|
«««««
|
|
3.2.4.
|
Mengarahkan pada penggunaan pendekatan ilmiah
|
0,0714
|
6,99
|
«««««
|
|
3.2.5.
|
Melakukan pembelajaran berbasis kompetensi
|
0,0714
|
7
|
«««««
|
|
3.2.6.
|
Memberikan pembelajaran terpadu
|
0,0714
|
6,99
|
«««««
|
|
3.2.7.
|
Melaksanakan pembelajaran dengan jawaban yang
kebenarannya multi dimensi;
|
0,0714
|
7
|
«««««
|
|
3.2.8.
|
Melaksanakan pembelajaran menuju pada keterampilan
aplikatif
|
0,0714
|
6,99
|
«««««
|
|
3.2.9.
|
Mengutamakan
pemberdayaan siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat
|
0,0714
|
7
|
«««««
|
|
3.2.10.
|
Menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru,
siapa saja adalah siswa, dan di mana saja adalah kelas.
|
0,0714
|
7
|
«««««
|
|
3.2.11.
|
Mengakui atas perbedaan individual dan latar
belakang budaya siswa.
|
0,0714
|
6,79
|
«««««
|
|
3.2.13.
|
Memanfaatkan media pembelajaran dalam meningkatkan
efisiensi dan efektivitas pembelajaran
|
0,0714
|
6,93
|
«««««
|
|
3.2.14.
|
Menggunakan aneka sumber belajar
|
0,0714
|
7
|
«««««
|
|
3.2.15.
|
Mengelola kelas saat menutup pembelajaran
|
0,0714
|
7
|
«««««
|
|
3.3.
|
Pengawasan dan penilaian otentik dilakukan dalam
proses pembelajaran
|
|
|
7
|
«««««
|
3.3.1.
|
Melakukan penilaian otentik secara komprehensif
|
0,1666
|
6,99
|
«««««
|
|
3.3.2.
|
Memanfaatkan hasil penilaian otentik
|
0,1666
|
7
|
«««««
|
|
3.3.3.
|
Melakukan pemantauan proses pembelajaran
|
0,1666
|
7
|
«««««
|
|
3.3.4.
|
Melakukan supervisi proses pembelajaran kepada guru
|
0,1666
|
7
|
«««««
|
|
3.3.5.
|
Mengevaluasi proses pembelajaran
|
0,1666
|
7
|
«««««
|
|
3.3.6.
|
Menindaklanjuti hasil pengawasan proses pembelajaran
|
0,1666
|
7
|
«««««
|
4
|
STANDAR
PENILAIAN PENDIDIKAN
|
|
|
6,05
|
««««
|
4.1.
|
Aspek penilaian sesuai ranah kompetensi
|
|
|
6,85
|
«««««
|
4.1.1.
|
Mencakup ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan
|
0,5
|
6,7
|
«««««
|
|
4.1.2.
|
Memiliki bentuk pelaporan sesuai dengan ranah
|
0,5
|
6,99
|
«««««
|
|
4.2.
|
Teknik penilaian obyektif dan akuntabel
|
|
|
6,96
|
«««««
|
4.2.1.
|
Menggunakan jenis teknik penilaian yang obyektif dan
akuntabel
|
0,5
|
6,92
|
«««««
|
|
4.2.2.
|
Memiliki perangkat teknik penilaian lengkap
|
0,5
|
7
|
«««««
|
|
4.3.
|
Penilaian pendidikan ditindaklanjuti
|
|
|
4,66
|
«««
|
4.3.1.
|
Menindaklanjuti hasil pelaporan penilaian
|
0,5
|
7
|
«««««
|
|
4.3.2.
|
Melakukan pelaporan penilaian secara periodik
|
0,5
|
2,33
|
««
|
|
4.4.
|
Instrumen penilaian menyesuaikan aspek
|
|
|
6,98
|
«««««
|
4.4.1.
|
Menggunakan instrumen penilaian aspek sikap
|
0,3333
|
7
|
«««««
|
|
4.4.2.
|
Menggunakan instrumen penilaian aspek pengetahuan
|
0,3333
|
7
|
«««««
|
|
4.4.3.
|
Menggunakan instrumen penilaian aspek keterampilan
|
0,3333
|
6,95
|
«««««
|
|
4.5.
|
Penilaian dilakukan mengikuti prosedur
|
|
|
4,83
|
«««
|
4.5.1.
|
Melakukan penilaian berdasarkan penyelenggara sesuai
prosedur
|
0,3333
|
2,33
|
««
|
|
4.5.2.
|
Melakukan penilaian berdasarkan ranah sesuai
prosedur
|
0,3333
|
6,96
|
«««««
|
|
4.5.3.
|
Menentukan kelulusan siswa berdasarkan pertimbangan
yang sesuai
|
0,3333
|
5,2
|
««««
|
5
|
STANDAR
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
|
|
|
3,05
|
««
|
5.1.
|
Ketersediaan
dan kompetensi guru sesuai ketentuan
|
|
|
3,96
|
«««
|
5.1.1.
|
Berkualifikasi minimal S1/D4
|
0,24
|
0
|
«
|
|
5.1.2.
|
Rasio guru kelas terhadap rombongan belajar seimbang
|
0,01
|
0,22
|
«
|
|
5.1.3.
|
Tersedia untuk tiap mata pelajaran
|
0,01
|
3,5
|
««
|
|
5.1.4.
|
Bersertifikat pendidik
|
0,24
|
7
|
«««««
|
|
5.1.5.
|
Berkompetensi pedagogik minimal baik
|
0,24
|
4,13
|
«««
|
|
5.1.7.
|
Berkompetensi profesional minimal baik
|
0,24
|
5,23
|
««««
|
|
5.2.
|
Ketersediaan
dan kompetensi kepala sekolah sesuai ketentuan
|
|
|
4,75
|
«««
|
5.2.1.
|
Berkualifikasi minimal S1/D4
|
0,15
|
7
|
«««««
|
|
5.2.2.
|
Berusia sesuai kriteria saat pengangkatan
|
0,15
|
7
|
«««««
|
|
5.2.3.
|
Berpengalaman mengajar selama yang ditetapkan
|
0,01
|
0
|
«
|
|
5.2.4.
|
Berpangkat minimal III/c atau setara
|
0,15
|
7
|
«««««
|
|
5.2.5.
|
Bersertifikat pendidik
|
0,01
|
0
|
«
|
|
5.2.6.
|
Bersertifikat kepala sekolah
|
0,01
|
0
|
«
|
|
5.2.9.
|
Berkompetensi kewirausahaan minimal baik
|
0,104
|
5,25
|
««««
|
|
5.2.10.
|
Berkompetensi supervisi minimal baik
|
0,104
|
5,54
|
««««
|
|
5.2.11.
|
Berkompetensi sosial minimal baik
|
0,104
|
4,66
|
«««
|
|
5.3.
|
Ketersediaan dan kompetensi tenaga administrasi
sesuai ketentuan
|
|
|
0
|
«
|
5.3.4.
|
Tersedia Tenaga Pelaksana Urusan Administrasi
|
0,36
|
0
|
«
|
|
5.3.5.
|
Memiliki Tenaga Pelaksana Urusan Administrasi
berpendidikan sesuai ketentuan
|
0,36
|
0
|
«
|
|
5.4.
|
Ketersediaan dan kompetensi laboran sesuai ketentuan
|
|
|
0
|
«
|
5.4.1.
|
Tersedia Kepala Tenaga Laboratorium
|
0,045
|
0
|
«
|
|
5.4.2.
|
Memiliki Kepala Tenaga Laboratorium berkualifikasi
sesuai
|
0,045
|
0
|
«
|
|
5.4.5.
|
Tersedia Tenaga Teknisi Laboran
|
0,045
|
0
|
«
|
|
5.4.8.
|
Memiliki Tenaga Laboran berpendidikan sesuai
ketentuan
|
0,045
|
0
|
«
|
|
5.5.
|
Ketersediaan dan kompetensi pustakawan sesuai
ketentuan
|
|
|
0
|
«
|
5.5.1.
|
Tersedia Kepala Tenaga Pustakawan
|
0,045
|
0
|
«
|
|
5.5.2.
|
Memiliki Kepala Tenaga Pustakawan berkualifikasi
sesuai
|
0,045
|
0
|
«
|
|
5.5.5.
|
Tersedia Tenaga Pustakawan
|
0,505
|
0
|
«
|
6
|
STANDAR
SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN
|
|
|
4,5
|
«««
|
6.1.
|
Kapasitas daya tampung sekolah memadai
|
|
|
5,19
|
««««
|
6.1.1.
|
Memiliki kapasitas rombongan belajar yang sesuai dan
memadai
|
0,2
|
6
|
««««
|
|
6.1.2.
|
Rasio luas lahan sesuai dengan jumlah siswa
|
0,2
|
7
|
«««««
|
|
6.1.3.
|
Kondisi lahan sekolah memenuhi persyaratan
|
0,2
|
6,06
|
««««
|
|
6.1.5.
|
Kondisi bangunan sekolah memenuhi persyaratan
|
0,2
|
5,75
|
««««
|
|
6.1.6.
|
Memiliki ragam prasarana sesuai ketentuan
|
0,1
|
2,28
|
««
|
|
6.2.
|
Sekolah memiliki sarana dan prasarana pembelajaran
yang lengkap dan layak
|
|
|
1,56
|
«
|
6.2.1.
|
Memiliki ruang kelas sesuai standar
|
0,24
|
3,42
|
««
|
|
6.2.2.
|
Memiliki laboratorium IPA sesuai standar
|
0,24
|
0
|
«
|
|
6.2.3.
|
Memiliki ruang perpustakaan sesuai standar
|
0,24
|
1,52
|
«
|
|
6.2.4.
|
Memiliki tempat bermain/lapangan sesuai standar
|
0,08
|
0
|
«
|
|
6.2.10.
|
Kondisi ruang kelas layak pakai
|
0,06
|
3,95
|
«««
|
|
6.2.11.
|
Kondisi laboratorium IPA layak pakai
|
0,06
|
0
|
«
|
|
6.2.12.
|
Kondisi ruang perpustakaan layak pakai
|
0,06
|
2,33
|
««
|
|
6.3.
|
Sekolah memiliki sarana dan prasarana pendukung yang
lengkap dan layak
|
|
|
1,89
|
«
|
6.3.1.
|
Memiliki ruang pimpinan sesuai standar
|
0,25
|
0
|
«
|
|
6.3.2.
|
Memiliki ruang guru sesuai standar
|
0,15
|
0
|
«
|
|
6.3.3.
|
Memiliki ruang UKS sesuai standar
|
0,04
|
0
|
«
|
|
6.3.4.
|
Memiliki tempat ibadah sesuai standar
|
0,04
|
0
|
«
|
|
6.3.5.
|
Memiliki jamban sesuai standar
|
0,04
|
3,08
|
««
|
|
6.3.6.
|
Memiliki gudang sesuai standar
|
0,04
|
0
|
«
|
|
6.3.11.
|
Menyediakan kantin yang layak
|
0,1
|
7
|
«««««
|
|
6.3.12.
|
Menyediakan tempat parkir yang memadai
|
0,1
|
6,68
|
«««««
|
|
6.3.14.
|
Kondisi ruang pimpinan layak pakai
|
0,0833
|
3,5
|
««
|
|
6.3.15.
|
Kondisi ruang guru layak pakai
|
0,05
|
0
|
«
|
|
6.3.16.
|
Kondisi ruang UKS layak pakai
|
0,0133
|
0,58
|
«
|
|
6.3.17.
|
Kondisi tempat ibadah layak pakai
|
0,0133
|
0
|
«
|
|
6.3.18.
|
Kondisi jamban sesuai standar
|
0,0133
|
0,87
|
«
|
|
6.3.20.
|
Kondisi ruang sirkulasi layak pakai
|
0,0133
|
7
|
«««««
|
7
|
STANDAR
PENGELOLAAN PENDIDIKAN
|
|
|
6,49
|
««««
|
7.1.
|
Sekolah melakukan perencanaan pengelolaan
|
|
|
6,98
|
«««««
|
7.1.1.
|
Memiliki visi, misi, dan tujuan yang jelas sesuai
ketentuan
|
0,3333
|
7
|
«««««
|
|
7.1.2.
|
Mengembangkan rencana kerja sekolah ruang lingkup
sesuai ketentuan
|
0,3333
|
6,96
|
«««««
|
|
7.1.3.
|
Melibatkan pemangku kepentingan sekolah dalam
perencanaan pengelolaan sekolah
|
0,3333
|
7
|
«««««
|
|
7.2.
|
Program pengelolaan dilaksanakan sesuai ketentuan
|
|
|
6,92
|
«««««
|
7.2.1.
|
Memiliki pedoman pengelolaan sekolah lengkap
|
0,1666
|
6,96
|
«««««
|
|
7.2.2.
|
Menyelenggarakan kegiatan layanan kesiswaan
|
0,1666
|
6,99
|
«««««
|
|
7.2.3.
|
Meningkatkan dayaguna pendidik dan tenaga
kependidikan
|
0,1666
|
6,96
|
«««««
|
|
7.2.4.
|
Melaksanakan kegiatan evaluasi diri
|
0,1666
|
6,96
|
«««««
|
|
7.2.5.
|
Membangun kemitraan dan melibatkan peran serta
masyarakat serta lembaga lain yang relevan
|
0,1666
|
6,63
|
««««
|
|
7.2.6.
|
Melaksanakan pengelolaan bidang kurikulum dan
kegiatan pembelajaran
|
0,1666
|
7
|
«««««
|
|
7.3.
|
Kepala sekolah berkinerja baik dalam melaksanakan
tugas kepemimpinan
|
|
|
2,23
|
««
|
7.3.2.
|
Berjiwa kepemimpinan
|
0,1666
|
6,94
|
«««««
|
|
7.3.4.
|
Mengelola sumber daya dengan baik
|
0,1666
|
6,47
|
««««
|
|
7.4.
|
Sekolah mengelola sistem informasi manajemen
|
|
|
7
|
«««««
|
7.4.1.
|
Memiliki sistem informasi manajemen sesuai ketentuan
|
1
|
7
|
«««««
|
8
|
STANDAR
PEMBIAYAAN
|
|
|
5,98
|
««««
|
8.1.
|
Sekolah memberikan layanan subsidi silang
|
|
|
6,99
|
«««««
|
8.1.1.
|
Membebaskan biaya bagi siswa tidak mampu
|
0,3333
|
7
|
«««««
|
|
8.1.2.
|
Memiliki daftar siswa dengan latar belakang ekonomi
yang jelas
|
0,3333
|
7
|
«««««
|
|
8.1.3.
|
Melaksanakan subsidi silang untuk membantu siswa
kurang mampu
|
0,3333
|
7
|
«««««
|
|
8.2.
|
Beban operasional sekolah sesuai ketentuan
|
|
|
6,3
|
««««
|
8.2.1.
|
Memiliki biaya operasional non personil sesuai
ketentuan
|
1
|
6,3
|
««««
|
|
8.3.
|
Sekolah melakukan pengelolaan dana dengan baik
|
|
|
4,66
|
«««
|
8.3.1.
|
Mengatur alokasi dana yang berasal dari
APBD/APBN/Yayasan/sumber lainnya
|
0,3333
|
0
|
«
|
|
8.3.2.
|
Memiliki laporan pengelolaan dana
|
0,3333
|
7
|
«««««
|
|
8.3.3.
|
Memiliki laporan yang dapat diakses oleh pemangku
kepentingan
|
0,3333
|
7
|
«««««
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar